PENERAPAN KONSEP TRI KAYA PARISUDHA DALAM PEMBELAJARAN SAINS
Oleh Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, S.T., M.Kom.[14]
(Prosiding Seminar : Local Genius dalam Perspektif Kebijakan Publik, Hukum, Manajemen, Pertanian dan Pendidikan Oktober 2015 P.188-202. P3M UNIPAS Singaraja. ISBN 978-979-17637-1-4)
Abstrak: Untuk mengomunikasikan konsep-konsep sains, banyak usaha yang dilakukan guru-guru bidang studi sains di Sekolah Menengah agar siswa dapat memahami konsep secara konkret dan abstrak. Salah satu usaha yang sering dilakukan adalah melalui penerapan konsep tri kaya parisudha. Penerapan konsep tri kaya parisudha dalam pembelajaran sains memiliki tiga tahapan, yakni tahap manacika parisudha, wacika parisudha, dan kayika parisudha. Pada tahap manacika parisudha, pemahaman konsep dalam struktur kognitif siswa dengan meminjam kecerdasan matematis logis sebagai sarananya. Tahap berikutnya, adalah tahap wacika parisudha, yakni pengomunikasikan konsep-konsep sains dengan meminjam kecerdasan linguistik, inter-personal, intra-personal, dan naturalis sebagai sarananya. Tahap terakhir adalah tahap kayika parisudha, yakni menuliskan konsep-konsep sains dengan meminjam kecerdasan linguistik dan matematis logis sebagai sarananya.
Kata kunci: Local genius, tri kaya parisudha, dan pembelajaran sains.
[14] Luh Putu Ary Sri Tjahyanti, S.T., M.Kom.adalah staf edukatif pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Panji Sakti Singaraja.
20171126024907_luh putu ary sri tjahyanti-local genius dalam perspektif pendidikan