Universitas Panji Sakti - Buleleng | Jl. Bisma No. 22 Singaraja Bali | info@unipas.ac.id | (0362) 23 588
HomeAgendaSEMINAR PENULISAN KALIBRASI INSTRUMEN “LULUS TEPAT WAKTU DENGAN KARYA YANG BERKUALITAS”

SEMINAR PENULISAN KALIBRASI INSTRUMEN “LULUS TEPAT WAKTU DENGAN KARYA YANG BERKUALITAS”

SEMINAR PENULISAN KALIBRASI INSTRUMEN “LULUS TEPAT WAKTU DENGAN KARYA YANG BERKUALITAS”

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MENYELENGGARAKAN SEMINAR KALIBRASI INSTRUMEN DENGAN TEMA “LULUS TEPAT WAKTU DENGAN KARYA YANG BERKUALITAS”

Tanggal 15 September 2018 FKIP Universtas Panji Sakti menyelenggarakan Seminar dengan narasumber Dosen FKIP Dr. I Gusti Ngurah Puger, M.Pd. kegiatan ini dilatar belakangi oleh pemikirian bahwa untuk mengakhiri studi jenjang S1, mahasiswa FKIP harus menempuh dan menyelesaikan tugas akhir. Untuk mahasiswa Program Studi Bimbingan KonselingFKIP, Tugas Akhir Skripsi(TAS) merupakan karya tulis ilmiah mahasiswa di bidang bimbingan dan konselingatau pengajarannya yang didasarkan pada hasil penelitian.

TAS merupakan karya tulis ilmiah mahasiswa di bidang bimbingan dan konseling atau pengajarannya yang didasarkan pada hasil penelitian.TAS berbobot 6 satuan kredit semester (SKS). Yang berfungsi untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penulisan karya ilmiah dan atau penelitian sesuai dengan spesialisasinya.Untuk menempuh TAS mahasiswa diharuskan memenuhibeberapa ketentuan seperti telah menempuh 140 SKS, nilai D maksimal 3 sks dari total sks yang harus ditempuh, dan mendapat rekomendasi dari penasehat akademik.

Setelah semua persyaratan tersebut terpenuhi mahasiswa membuat atau menyusun proposal yang merupakan rancangan kegiatan yang akan dilakukan. Proposal TAS baik kuantitatif maupun kualitatif pada prinsipnya mencakup pendahuluan, kajian teori atau acuan teori, metode penelitian, daftar pustaka, dan jadwal penelitian.

Penulisan tugas akhir skripsi merupakan tugas penulisan ilmiah. Sikap ilmiah seorang ilmuwan sebagai seorang peneliti atau penulis ilmiah tersebut menurut Bungin (2008) antara lain: (1) objektif, faktual, peneliti harus memiliki sikap objektif dan berdasarkan fakta; (2) open, fair, responsible, peneliti harus bersikap terbuka terhadap bebagai saran, kritik utnuk perbaikan. Disamping itu peneliti harus wajar, jujur, dalam pekerjaan ilmiahnya; (3) curios, wanting to know, sikap ingin tahu terhadap sesuatu yang diteliti dan pengetahuan baru; (4) inventif always, peneliti harus memiliki daya cipta, kreatif, dan senang terhadap inovasi.

Skripsi merupakan momok yang menakutkan bagi mahasiswa semester akhir. Banyak yang mengeluhkan beratnya membuat proposal skripsi. Oleh karena itu, Program Studi Bimbingan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menyelenggarakan seminar bertajuk “Lulus Tepat Waktu Dengan Karya Yang Berkualitas” bagi seluruh mahasiswa program studi Bimbingan Konseling. Manfaat dari acara seminarPenulisan  proposal Skripsi ini diantaranya adalah memberi motivasi kepada mahasiswa prodi bimbingan dan konseling sebagai upaya persiapan skripsi serta memandang proposal skripsi dan skripsi itu sendiri sebagai suatu hal yang tidak terlalu menakutkan. Tips dan trik yang diajarkan juga menjadi pedoman bagi peserta, sehingga mereka bisa membuat skripsi yang berkualitas dan tidak kalah dari jurusan-jurusan lain yang sudah meluluskan mahasiswanya masing-masing.

Share With: